Skip to main content

RPP Penjas SMK

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama sekolah              : SMK Negeri 1 Kalabahi
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            : XI / 1
Pertemuan                   : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu            : 4 X 45 menit

Standar Kompetensi
1.    Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

Indikator                   
1.        Menggunakan  formasi, bentuk, dan strategi pola penyerangan 4-2-4 dalam permainan sepak bola
2.        Menggunakan berbagai formasi, bentuk, dan strategi pola pertahanan 4-4-2 dalam permainan sepak bola

A.      Tujuan Pembelajaran
1.    Peserta didik dapat melakukan penggunaan  formasi, bentuk, dan strategi pola penyerangan 4-2-4 dalam permainan sepak bola
2.    Peserta didik dapat melakukan penggunaan  formasi, bentuk, dan strategi pola pertahanan 4-4-2 dalam permainan sepak bola

B.       Materi Pembelajaran  
Permainan Sepakbola
1.    Formasi permainan sepak bola pola penyerangan 4-2-4
2.    Formasi permainan sepak bola pola pertahanan 4-4-2

C.      Metode Pembelajaran
1.    Demontrasi
2.    Inclusive (cakupan)
3.    Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.    Permainan (game)
5.    Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)

D.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
1.    Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran. (Religius, disiplin)
·         Pemanasan secara umum. (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)
·         Berlari mengelilingi lapangan sepakbola. (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)
·         Pemanasan khusus sepakbola dalam bentuk permainan. (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)
2.    Kegiatan Inti (60 menit)
·         Penjelasan cara melakukan latihan menggunakan formasi pola penyerangan 4-2-4 dan pola pertahanan 4-4-2. (Kerja keras, Demokratis, komunikatif, Tanggungjawab)
·         Peserta didik dibagi dalam kelompokmelakukan permainan sepak bola yang menekankan pada pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan pola penyerangan 4-2-4 dan pola pertahanan 4-4-2. (Kerja keras, Demokratis, komunikatif, Tanggungjawab)

3.    Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Pendinginan (colling down) (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (Rasa ingin tahu, Tanggung jawab)
·         Berbaris dan berdoa (Religius, disiplin)

Pertemuan 4
1.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi. (Religius, disiplin)
·         Pemanasan secara umum. (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)
·         Berlari mengelilingi lapangan sepakbola. (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)

2.    Kegiatan Inti (70 menit)
Uji kompetensi permainan sepakbola berdasarkan formasi pola penyerangan 4-2-4 dan pertahanan 4-4-2 yang terdiri dari :
·         Uji kompetensi posisi pemain belakang dalam permainan sepak bola. (Kerja keras, Demokratis, komunikatif, Tanggungjawab)
·         Uji kompetensi posisi pemain tengah dalam permainan sepak bola. (Kerja keras, Demokratis, komunikatif, Tanggungjawab)
·         Uji kompetensi posisi pemain depan dalam permainan sepak bola. (Kerja keras, Demokratis, komunikatif, Tanggungjawab)

3.    Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Pendinginan (colling down) (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (Rasa ingin tahu, Tanggung jawab)
·         Berbaris dan berdoa (Religius, disiplin)
E.       Alat dan Sumber Belajar
1.    Alat Pembelajaran :
·         Bola sepak atau sejenisnya
·         Lapangan permainan sepakbola atau lapangan sejenisnya
·         Tiang gawang
·         Tiang pancang atau sejenisnya
·         Peluit
2.    Sumber Pembelajaran
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XI, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku permainan sepakbola

·         Media elektronik
o   Audio/video visual teknik dasar permainan sepakbola
o   Rekaman/cuplikan pertandingan sepakbola (liga sepakbola)
F.       Penilaian
1.    Teknik dan Bentuk Penilaian
a.    Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan formasi pola penyerangan 4-2-4 dan pertahanan 4-4-2 pada posisi(pemain belakang, pemain tengah, dan pemain depan), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses).

·        Contoh penilaian proses formasi pola penyerangan 4-2-4 dan pola pertahanan 4-4-2 dalam permainan sepakbola (Penilaian keterampilan kecabangan)
 No
Nama Siswa
Posisi belakang
Posisi tengah
Posisi depan
Jml
Nilai Proses
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.



















2.



















3.



















4.



















5.



















Dsb




















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12



                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal

b.      Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Σ
NA
Kerjasama
Kejujuran
Menghargai
Semangat
Percaya diri
Sportivitas


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















dst





















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18

       
 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal

c.       Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan sepakbola  dengan metode resiprokal :
No.
Nama Siswa
Butir-butir Pertanyaan
Σ
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No.5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.


















2.


















3.


















4.


















5.


















dst



















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20




                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal

      Contoh Butir Pertanyaan
No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan macam-macam teknik gerakan tanpa bola dalam permainan sepakbola!
2.
Sebutkan macam-macam teknik gerakan dengan bola pada pola penyerangan!
3.
Sebutkan macam-macam teknik gerakan dengan bola pada pola pertahanan!
4.
Jelaskan cara melakukan menggiring dan dilanjutkan dengan menembak ke gawang!
5.
Jelaskan cara melakukan menggiring, mengontrol, dilanjutkan menembak ke gawang!
2.    Rekapitulasi Penilaian

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







NIlai Rata-rata







                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara             = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                         = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                      = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                     = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara          = Kurang dari 60%




Mengetahui,
Kepala Sekolah
Kalabahi, ..................... 2012
Guru Mata Pelajaran



Drs. Marsel  Brahim
NIP : 19620610198603 1 031




Ferdinand Koly, S.Pd


 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama sekolah              : SMK Negeri 1 Kalabahi
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            : XI / 1
Pertemuan                   : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu            : 4 X 45 menit

Standar Kompetensi
1.      Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

Indikator                   
1.   Menggunakan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola voli
2.   Memperlihatkan  nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play) dalam permainan

A.      Tujuan Pembelajaran
1.   Peserta didik dapat melakukan penggunaan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola voli
2.   Peserta didik dapat memperlihatkan  nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play) dalam permainan

B.       Materi Pembelajaran
Permainan Bolavoli
1.   Formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola voli
2.   Bermain bola voli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi yang memperlihatkan nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play).

C.      Metode Pembelajaran
1.   Demontrasi
2.   Inclusive (cakupan)
3.   Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.   Permainan (game)
5.   Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)

D.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.   Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran. (Religius, disiplin)
·         Pemanasan secara umum (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)
·         Berlari mengelilingi lapangan bolavoli (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)
·         Pemanasan khusus bolavoli dalam bentuk permainan (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)

2.   Kegiatan Inti (60 menit)
·         Penjelasan cara melakukan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola voli. (Kerja keras, Demokratis, komunikatif, Tanggungjawab)
·         Melakukan latihan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola voli. (Kerja keras, Demokratis, komunikatif, Tanggungjawab)
·         Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok (lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi) yang memperlihatkan nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play). (Kerja keras, Demokratis, komunikatif, Tanggung jawab)

3.   Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Pendinginan (colling down) (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (Rasa ingin tahu, Tanggung jawab)
·         Berbaris dan berdoa (Religius, disiplin)

Pertemuan 2
1.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi. (Religius, disiplin)
·         Pemanasan secara umum (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)
·         Berlari mengelilingi lapangan bola voli (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)

2.      Kegiatan Inti (70 menit)
Uji kompetensi permainan bola voli yang terdiri dari :
·         Uji kompetensi pertahanan dalam permainan bola voli. (Kerja keras, Demokratis, komunikatif, Tanggung jawab)
·         Uji kompetensi penyerangan dalam permainan bola voli (Kerja keras, Demokratis, komunikatif, Tanggung jawab)
·         Uji kompetensi variasi dan kombinasi penyerangan dan pertahanan dalam permainan bola voli (Kerja keras, Demokratis, komunikatif, Tanggung jawab)

3.      Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Pendinginan (colling down) (Kerja keras, disiplin, Tanggung jawab)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (Rasa ingin tahu, Tanggung jawab)
·         Berbaris dan berdoa (Religius, disiplin)

E.       Alat dan Sumber Belajar
1.      Alat Pembelajaran :
·         Bola voli atau sejenisnya
·         Lapangan permainan bola voli atau lapangan sejenisnya
·         Net/jarring bola voli
·         Peluit
2.      Sumber Pembelajaran :
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XI, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku permainan bola voli

F.       Penilaian
1.      Teknik dan Bentuk Penilaian
a.   Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan formasi pola penyerangan dan pertahanan(set upper, smash dan block ), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).


·               Contoh penilaian proses teknik dasar permainan bolavoli (Penilaian keterampilan kecabangan)
 No
Nama Siswa
Set up
Block
Smash
Jml
Nilai Proses
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.



















2.



















3.



















4.



















5.



















Dsb




















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12



                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal
b.   Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Σ
NA
Kerjasama
Kejujuran
Menghargai
Semangat
Percaya diri
Sportivitas


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















dst






















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18



                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal
c.    Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan bolavoli dengan metode resiprokal :
No.
Nama Siswa
Butir-butir Pertanyaan
Σ
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No.5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.


















2.


















3.


















4.


















5.


















dst



















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20



                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal
  
Contoh Butir Pertanyaan
No
Butir Pertanyaan
1.
Jelaskan yang dimaksud dengan variasi permainan bolavoli!
2.
Sebutkan macam-macam variasi permainan bolavoli!
3.
Jelaskan cara melakukan latihan memainkan bola dengan beranting!
4.
Jelaskan cara melakukan latihan memainkan bola dengan sentuhan ganda!
5.
Jelaskan cara melakukan latihan memainkan bola dengan permainan servis dan menerima servis!

2.      Rekapitulasi Penilaian
No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







NIlai Rata-rata







                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara             = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                         = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                      = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                     = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara          = Kurang dari 60%

Mengetahui,
Kepala Sekolah
Kalabahi, ..................... 2012
Guru Mata Pelajaran



Drs. Marsel  Brahim
NIP : 19620610198603 1 031




Ferdinand Koly, S.Pd.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah             : SMK Negeri 1 Kalabahi
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            : XI / 1
Pertemuan                   : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu            : 4 X 45 menit

Standar Kompetensi
1.      Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik serta  nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.1  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).

Indikator                   
1.      Menggunakan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola basket pola penyerangan
2.      Menggunakan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola basket pola pertahanan.
3.      Memperlihatkan  nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play) dalam permainan
4.      Bermain bola basket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi yang dapat memperlihatkan nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play)

A.     Tujuan Pembelajaran
1.   Peserta didik dapat melakukan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola basket pola penyerangan
2.   Peserta didik dapat melakukan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola basket pola pertahanan
3.   Siswa dapat  memperlihatkan  nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play) dalam bermain bola basket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.

B.      Materi Pembelajaran
Permainan Bolabasket
1.      Menggunakan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola basket pola penyerangan
2.      Menggunakan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola basket pola pertahanan.
3.      Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam bentuk pertandingan yang memperlihatkan  nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play).

C.     Metode Pembelajaran
1.      Demontrasi
2.      Inclusive (cakupan)
3.      Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.      Permainan (game)
5.      Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)
D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
1.Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran. (Religius, disiplin)
·   Pemanasan secara umum (Kerja keras, disiplin, tanggung jawab)
·   Berlari mengelilingi lapangan bolabasket (Kerja keras, disiplin, tanggung jawab)
·   Pemanasan khusus bolabasket dalam bentuk permainan (Kerja keras, disiplin, tanggung jawab)

2.Kegiatan Inti (60 menit)
·         Penjelasan cara melakukan latihan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola basket pola penyerangan dan pola pertahanan. (Kerja keras, kreatif, Demokratis,  Komunikatif,)
·         Melakukan latihan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola basket pola penyerangan. (Kerja keras, kreatif, Demokratis,  Komunikatif, tanggung jawab)

3.Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Pendinginan (colling down) (Kerja keras, disiplin, tanggung jawab)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari ( Rasa Ingin Tahu, Tanggung jawab )
·         Berbaris dan berdoa  (Religius, disiplin)

Pertemuan 4
1.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi. (Religius, disiplin)
·   Pemanasan secara umum (Kerja keras, disiplin, tanggung jawab)
·   Berlari mengelilingi lapangan bolabasket (Kerja keras, disiplin, tanggung jawab)
2.    Kegiatan Inti (70 menit)
Uji kompetensi permainan bolabasket yang terdiri dari :
·         Uji kompetensi penyerangan dalam permainan bola basket ( Kerja Keras ,Kreatif, tanggung jawab )
·         Uji kompetensi pertahanan dalam permainan bola basket ( Kerja Keras ,Kreatif, tanggung jawab )
3.    Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Pendinginan (colling down) (Kerja keras, disiplin, tanggung jawab)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari ( Rasa Ingin Tahu, tanggung jawab )
·         Berbaris dan berdoa  (Religius, disiplin)
E.      Alat dan Sumber Belajar
1.      Alat Pembelajaran :
·         Bola basket atau sejenisnya
·         Lapangan permainan bolabasket atau lapangan sejenisnya
·         Ring basket
·         Peluit
2.      Sumber Pembelajaran :
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XI, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku permainan bolabasket
·         Media elektronik
o   Audio/video visual teknik dasar permainan bolabasket
o   Rekaman/cuplikan pertandingan (liga bola basket)




F.      Penilaian
1.            Teknik dan Bentuk Penilaian
a.            Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan formasi penyerangan dan pertahanan dalam permainan bola basket sesuai posisinya(posisi belakang, posisi tengah, dan posisi depan), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses).
·               Contoh penilaian proses teknik dasar permainan bolabasket (Penilaian keterampilan kecabangan)
 No
Nama Siswa
Posisi belakang
Posisi tengah
Posisi depan
Jml
Nilai Proses
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.



















2.



















3.



















Dsb




















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12




                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal
b.            Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Σ
NA
Kerjasama
Kejujuran
Menghargai
Semangat
Percaya diri
Sportivitas


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















dst






















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18



                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal











c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan bolabasket dengan metode resiprokal :
No.
Nama Siswa
Butir-butir Pertanyaan
Σ
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No.5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.


















2.


















3.


















dst



















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20



                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal
      Contoh Butir Pertanyaan
No
Butir Pertanyaan
1.
Jelaskan yang dimaksud dengan formasi pemain dalam permainan bolabasket!
2.
Sebutkan formasi pemain permainan bolabasket!
3.
Sebutkan fungsi pemain guard dalam permainan bolabasket!
4.
Sebutkan fungsi pemain foward dalam permainan bolabasket!
5.
Sebutkan fungsi pemain center dalam permainan bolabasket!

2.            Rekapitulasi Penilaian

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
1.







2.







3.







NIlai Rata-rata







                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara             = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                         = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                      = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                     = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara          = Kurang dari 60%

 
Mengetahui,
Kepala Sekolah



Drs. Marsel  Brahim
NIP : 19620610198603 1 031


Kalabahi, ................... 2012
Guru Mata Pelajaran



Ferdinand Koly, S.Pd.





Comments

Popular posts from this blog

RPP Senam Lantai K13 - PJOK SMA/SMK - Kelas X 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah                    : SMA/SMK ...................... Kelas/Semester         : X/ S a tu Mata Pelajaran          : PJOK Materi Pokok            : Senam Lantai Alokasi Waktu           : 2 x 3 JP Kompetensi Inti KI 1   : Menghayati dan mengamalkan   ajaran agama yang dianutnya. KI 2   : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,   gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.   KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,   kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetah

RPP Senam Ritmik -PJOK - SMA/SMK Kelas X Tahun 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                         :   SMA/SMK ........................ Kelas /Semester             :   X / Satu Mata Pelajaran                :   PJOK             Materi Pokok                  :   Aktivitas Ritmik/Langkah Waktu                            :   1 x   3 JP A.      Kompetensi Inti :   1.     Menghargai dan men ghayati ajaran agama yang dianut. 2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,   seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (m

Pendidikan Luar Kelas

  Pendidikan Luar Kelas (Outdoor education) Pendidikan luar kelas merupakan salah satu dimensi dalam pendidikan jasmani, di mana melalui program kegiatan ini diharapkan konsep diri siswa dapat dibentuk. Pengalaman semacam memanjat, merangkak, bergelantungan, dan berayun di alam bebas, yang merupakan bagian dari progam petualangan akan mampu meningkatkan rasa percaya diri siswa. Pengalaman semacam ini dapat memenuhi kebutuhan psikis anak akan ‘rasa berhasil mengatasi rintangan’. Kejenuhan pengembangan di dalam ruang turut memberikan dorongan berkembangnya konsep pendidikan di luar kelas. Pendidikan dalam ruang yang bersifat kaku dan formalitas dapat menimbulkan kebosanan, termasuk juga kejenuhan terhadap rutinitas di sekolah. Outdoor education dijadikan sebagai alternative baru dalam meningkatkan pengetahuan dalam pencapaian kualitas manusia. Alam sebagai media pendidikan adalah suatu sarana efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan pola pikir serta sikap men