Skip to main content

RPP Senam Ritmik -PJOK - SMA/SMK Kelas X Tahun 2018


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                         :  SMA/SMK ........................
Kelas/Semester             :  X / Satu
Mata Pelajaran               :  PJOK           
Materi Pokok                 :  Aktivitas Ritmik/Langkah
Waktu                           :  1 x  3 JP
A.     Kompetensi Inti : 
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar dan Idikator
KI
Kompetensi Dasar
Indikator
 1.             
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
1.1.1 Memelihara kesehatan tubuh


2.1.1 Menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup aktif.

 2.             
2.1  Berprerilaku sportif dalam bermain.
2.2  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3  Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4  Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.


2.5  Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7  Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
2.1.1 Saat bermain menunjukan permainan tidak curang
2.2.1 Merapihkan kembali peralatan yang telah digunakan pada tempatnya.
2.3.1 Tidak melakukan gerakan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain
2.4.1 Dalam melakukan aktivitas fisik yang dilakukan secara berkelompok, beregu, dan berpasangan memperhatikan kondisi teman, baik fisik atau psikis
2.4.2 Saling membantu teman bila ada kesulitan dalam melakukan gerakkan
2.5.1 Dalam melakukan permainan tidak menguasi alat atau lapangan sendiri
2.6.1 Mengikuti, peraturan, petunjuk atau arahan yang telah diberikan guru
2.7.1 Dalam melakukan permainan menunjukan prilaku bahwa lawan merupakan teman bermain
 3.             
3.7    Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan rangkaian aktivitas gerak ritmik untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
3.7.1 Menganalisis variasi gerak ritmik langkah kaki
3.7.2 Menganalisis variasi gerak ritmik ayunan lengan
3.7.3 Menganalisis kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
 4.             
4.7   Mempraktikkan variasi dan kombinasi rangkaian aktivitas gerak ritmik dengan koordinasi gerak yang baik.

4.7.1 Mempraktikkan variasi gerak ritmik langkah kaki
4.7.2 Mempraktikkan variasi gerak ritmik ayunan lengan
4.7.3 Mempraktikkan kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah

C.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu:
1.    Memelihara kesehatan tubuh.
2.    Menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup aktif.
3.    Menunjukan permainan tidak curang.
4.    Merapikan kembali peralatan yang telah digunakan pada tempatnya.
5.    Tidak melakukan gerakan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.
6.    Melakukan aktivitas fisik yang dilakukan secara berkelompok, beregu, dan berpasangan dengan memperhatikan kondisi teman, baik fisik atau psikis.
7.    Mampu saling membantu teman bila ada kesulitan dalam melakukan gerakkan.
8.    Melakukan permainan dengan tidak menguasi alat atau lapangan sendiri.
9.    Mengikuti, peraturan, petunjuk atau arahan yang telah diberikan guru.
10. Menunjukan prilaku bahwa lawan merupakan teman bermain.
11. Menganalisis dan mempraktikkan variasi gerak ritmik melangkahkan kaki dengan baik.

D.     Materi Pembelajaran :
  1. Langkah biasa

Sikap tegak langkah kiri, kedua tangan dipinggang. Gerakkannya ; langkahkan kaki kiri kedepan, dimuka kaki kanan,tumit selalu diangkat tumpuan ujung kaki.Dilanjutkan dengan langkahkan kaki kanan kedepan dimuka kaki kiri,tumit selalu diangkat tumpuan diujung kaki.Setiap langkah dilakukan dengan mengeper dan diikuti pemindahan berat badan

2.       Langkah rapat
Sikap tegak langkah kaki kiri, kedua tangan dipinggang. Gerakkannya ; Langkahkan kaki kiri ke depan, diikuti  pemindahan berat badan ke depan.Dilanjutkan dengan melangkahkan kaki kanan kedepan,letakkan telapak kaki disisi rapat dengan kaki kiri.Setiap langkah dilakukan dengan mengeper

3.       Latihan ayunan tangan
Sikap tegak,langkah kaki kiri,kedua lengan lurus kedepan. Gerakannya ;
Hitungan 1 ; lengan kiri diayun kesamping kiri
Hitungan 2 ; lengan kiri kembali
Hitungan 3 ; lengan kanan diayunkesamping kanan
Hitungan 4 ; lengan kanan kembali
Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan

4.       Latihan langkah biasa dikombinasikan dengan ayunan lengan
Sikap tegak, gerakannya ;
Hitungan 1 ; langkahkan kaki kiri kedepan diikuti dengan mengayunkan tangan kanan
Hitungan 2 ; langkahkan kaki kanan kedepan diikuti dengan mengayunkan tangan kiri

5.       Latihan kombinasi langkah rapat dengan ayunan lengan
Sikap tegak, gerakannya ;
Hitungan 1 ; Langkahkan kaki kiri kedepan diikuti pemindahan berat badan diikuti  dengan mengayunkan tangan kanan
Hitungan 2 ; Langkahkan kaki kanan kedepan, letakkan telapak kaki disisi rapat  dengan kaki kiri. Setiap langkah selalu dilakukan dengan gerakan mengeper dan pemindahan berat badan
           
           

E.      Metode Pembelajaran.
1.       Pendekatan: saintifik (scientific)
2.       Resiprokal

F.      Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
1.    Guru membagikan lembar kerja tentang materi
2.    Peserta didik mempelajari lembar kerja yang diberikan oleh guru
3.    Peserta didik mendiskusikan lembar kerja yang diberikan dengan teman-temannya.
4.    Peserta didik melakukan klarifikasi dan konfirmasi pada guru tentang tugas yang diberikan.
5.    Peserta didik mencoba melakukan gerakan sebagaimana yang ada di lembar kerja
6.    Peserta didik mengingat dengan cara mengulangi gerakan yang dilakukan
7.    Peserta didik memperbaiki gerakan sesuai hasil koreksi sendiri 
8.    Setelah semua tugas gerak dilakukan oleh peserta didik secara bergantian berpasangan sebagai pelaku dan penilai
9.    Setelah semua peserta didik melakukan tugas gerak yang diberikan sesuai lembar kerja yang diberikan oleh guru, peserta didik diberi kesempatan mencari alternative gerakan selain yang ada di lembar kerja
--- LK dilampirkan…
85 menit
Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi langkah  dalam aktivitas ritmik
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi langkah dalam aktivitas ritmik
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
25 Menit


G.     Alat dan  Sumber Belajar
1.         Alat :
-     Lapangan, pluit.
2.         Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-     Buku referensi lain yang sesuai
H.     Penilaian
1.         Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.


RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM AKTIVITAS RITMIK

PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
A.Sportif

1.Menghargai teman dan lawan

2.Membantu kawan yang belum menguasai gerakan

3.Mentaati peraturan permainan

B.Kerja sama

1.Membantu teman yang belum menguasai

2.Bergantian menilai teman

C. Tanggung Jawab.

1. Menjalankan tugas yang diterima

D. Disiplin

1.Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan

2.Mengikuti semua proses pembelajaran

JUMLAH

JUMLAH MAKSIMAL  :  10


100%
 
X
 
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = 
                     Jumlah skor maksimal


NILAI
KRITERIA
90 - 100
Amat Baik ( AB)
78 - 89
Baik  (B)
66 - 77
Cukup (C)
<65
Kurang (K)

2.       Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak passing bawah dalam permainan bolavoli.
No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah


1
2
3
4
1
Jelaskan cara melakukan langkah biasa dalam akktivitas ritmik





2
Jelaskan cara melakukan ayunan lengan dalam aktivitas ritmik





3
Jelaskan cara melakukan langkah rapat dalam aktivitas ritmik !!





4
Jelaskan cara melakukan kombinasi ayunan tangan diikuti dengan langkah biasa dalam aktivitas ritmik !





5
Jelaskan cara melakukan kombinasi ayunan tangan diikuti dengan langkah rapat !





6
Jelaskan kesalahan-kesalahan saat melakukan  langkah rapat dengan ayunan tangan pada aktivitas ritmik





7
Jelaskan kesalahan-kesalahan saat melakukan langkah rapat dengan ayunan lengan pada aktivitas ritmik!





Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Skor 4       : Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator
Skor 3       : Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
Skor 2       : Jika  peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
Skor 1       : Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan

100
 
X
 
                                             Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                             Jumlah skor maksimal

3.       Tes unjuk kerja (keterampilan): 
1). Lakukan kombinasi langkah biasa dengan ayunan lengan
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3
100
 
X
 
                     Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = 
                     Jumlah skor maksimal

RUBRIK PENILAIAN  PASSING BAWAH

No
Dimensi
Indikator
Deskripsi Gerak
Nilai
3
2
1
1
Sikap Awal
1.       Kaki
-   Kaki selebar bahu

-   Tumit diangkat tumpuan ujung kaki
2.       Tangan
-   Jari tangan lurus samping badan

-   Kedua lengan lurus
3.       Badan dan Pandangan Mata
-   Badan tegak lurus

-   Posisi badan relax
-   Pandangan ke depan
2

Pelaksanaan
I.        Kaki

-   Kaki kanan langkah kedepan dimuka kaki kiri

-   Tumit diangkat tumpuan diujung kaki
-   Kaki mengeper pada lutut
2.  Tangan
-   Salah satu tangan diayukan kedepan lurus

-   Telapak tangan menghadap kebawah

3.     Badan dan Pandangan Mata
-   Berat badan dialihkan ke kaki depan


-   Pandangan mata ke arah depan lurus
3


Sikap Akhir
1.       Kaki



-   Kedua kaki kembali rapat
-   Kedua tangan lurus disamping badan


Keterangan :
1.     Peserta mendapatkan nilai 3, apabila  ada tiga indikator yang dilakukan benar.
2.     Peserta mendapatkan nilai 2, apabila  ada dua indikator  yang dilakukan benar.
3.     Peserta mendapatkan nilai 1, apabila  ada satu indikator yang dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
4.     Nilai maksimal adalah 27

Mengetahui                                                                       Kalabahi,   ..........2018
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran

                                                         




..........................                                                                 ............................
NIP......................                                                                 NIP......................       


Catatan Kepala Sekolah
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Comments

Popular posts from this blog

RPP Senam Lantai K13 - PJOK SMA/SMK - Kelas X 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah                    : SMA/SMK ...................... Kelas/Semester         : X/ S a tu Mata Pelajaran          : PJOK Materi Pokok            : Senam Lantai Alokasi Waktu           : 2 x 3 JP Kompetensi Inti KI 1   : Menghayati dan mengamalkan   ajaran agama yang dianutnya. KI 2   : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,   gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.   KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,   kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetah

Pendidikan Luar Kelas

  Pendidikan Luar Kelas (Outdoor education) Pendidikan luar kelas merupakan salah satu dimensi dalam pendidikan jasmani, di mana melalui program kegiatan ini diharapkan konsep diri siswa dapat dibentuk. Pengalaman semacam memanjat, merangkak, bergelantungan, dan berayun di alam bebas, yang merupakan bagian dari progam petualangan akan mampu meningkatkan rasa percaya diri siswa. Pengalaman semacam ini dapat memenuhi kebutuhan psikis anak akan ‘rasa berhasil mengatasi rintangan’. Kejenuhan pengembangan di dalam ruang turut memberikan dorongan berkembangnya konsep pendidikan di luar kelas. Pendidikan dalam ruang yang bersifat kaku dan formalitas dapat menimbulkan kebosanan, termasuk juga kejenuhan terhadap rutinitas di sekolah. Outdoor education dijadikan sebagai alternative baru dalam meningkatkan pengetahuan dalam pencapaian kualitas manusia. Alam sebagai media pendidikan adalah suatu sarana efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan pola pikir serta sikap men