RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK .......
Kelas/Semester : X/Satu
Mata
Pelajaran : PJOK
Materi
Pokok : Permainan Bola Kecil (
Bulutangkis )
Alokasi
Waktu : 2 x 3 JP
Kompetensi Inti
KI
1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan
permainan bola kecil untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik.
1.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah
satu permainan bola kecil dengan koordinasi gerak yang baik.
Indikator
·
Berperilaku sportifitas dan fair play
·
Menunjukkan sikap kerjasama dan tanggung jawab
·
Menghargai orang lain dari berbagai perbedaan individu
·
Menjelaskan tahapan teknik memegang raket, servis forehand
dan backhand, pukulan atas dan bawah
bulutangkis.
·
Menemukan Variasi dan
kombinasi teknik memegang raket,
servis forehand dan backhand, pukulan atas dan
bawah bulutangkis.
·
Menganalisa kelebihan dan
kelemahan Variasi dan kombinasi teknik memegang raket,
servis pendek dan pukulan backhand
bulutangkis.
·
Melakukan Latihan teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas dan
bawah bulutangkis.
·
Melakukan Variasi dan
kombinasi teknik memegang raket,
servis forehand dan backhand, pukulan atas dan
bawah bulutangkis.
·
Memperagakan pola keterampilan
gerak memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas dan
bawah yang dilakukan dalam bentuk
bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik.
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
1.1 Menghargai tubuh
dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang
tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
1.1.1 Memelihara kesehatan tubuh
2.1.1 Menjaga kesehatan tubuh dengan
menerapkan gaya hidup aktif.
|
2.
|
2.1
Berprerilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Belajar
menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
|
2.1.1 Saat bermain menunjukan permainan
tidak curang
2.2.1 Merapihkan
kembali peralatan
yang telah digunakan pada
tempatnya.
2.3.1 Tidak
melakukan gerakan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain
2.4.1 Dalam
melakukan aktivitas fisik yang dilakukan secara berkelompok, beregu, dan
berpasangan memperhatikan kondisi teman, baik fisik atau psikis
2.4.2 Saling
membantu teman bila ada kesulitan dalam melakukan gerakkan
2.5.1 Dalam
melakukan permainan tidak menguasi alat atau lapangan sendiri
2.6.1 Mengikuti, peraturan, petunjuk
atau arahan yang telah diberikan guru
2.7.1 Dalam melakukan permainan
menunjukan prilaku bahwa lawan merupakan teman bermain
|
1.
|
3.2 Menganalisis
variasi dan kombinasi keterampilan permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang
baik.
|
3.2.2 Menganalisis
variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan bulutangkis
|
2.
|
4.2
Mempraktikkan variasi dan
kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola kecil dengan
koordinasi gerak yang baik.
|
4.2.2
Mempraktikkan variasi dan
kombinasi permainan bola kecil melalui permainan bulutangkis
|
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran berakhir peserta didik dapat:
1.
Memelihara kesehatan
tubuh.
2.
Menjaga kesehatan tubuh
dengan menerapkan gaya hidup aktif.
3.
Menunjukan permainan tidak
curang.
4.
Merapihkan kembali
peralatan yang telah digunakan pada tempatnya.
5.
Tidak melakukan gerakan
yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.
6. Melakukan aktivitas fisik yang dilakukan secara
berkelompok, beregu, dan berpasangan dengan memperhatikan kondisi teman, baik
fisik atau psikis
7.
Mampu saling membantu
teman bila ada kesulitan dalam melakukan gerakkan dalam permainan bola kecil.
8.
Melakukan permainan bola
kecil dengan tidak menguasi alat atau lapangan sendiri.
9.
Mengikuti, peraturan,
petunjuk atau arahan yang telah diberikan guru.
10. Menunjukan prilaku bahwa
lawan merupakan teman bermain.
11.
Menganalisis dan
mempraktikkan variasi gerak dasar pegangan raket dengan baik.
12.
Menganalisis dan
mempraktikkan variasi gerak dasar footwork dengan baik.
13.
Menganalisis dan
mempraktikkan variasi gerak dasar posisi berdiri dengan baik.
14.
Menganalisis dan
mempraktikkan variasi gerak dasar service dengan baik.
15. Menganalisis dan mempraktikkan variasi gerak
dasar pukulan atas, dan pukulan bawah dengan baik.
Materi Pembelajaran
·
Fakta
1. Pertandingan bulutangkis baik
langsung atau melalui media elektronik
2. Melihat Latihan
teknik pada klub bulutangkis atau
melalui media elektronik
·
Konsep
1. Teknik memegang raket
2. Sevice
forehand dan beckhand
3. Teknik
pukulan atas dan
bawah
4. Posisi
badan
·
Prinsip
1. Melakukan
teknik memegang raket
2. Melakukan
sevice forehand dan beck-hand
3. Melakukan
teknik pukulan atas dan bawah
4. Menempatkan
posisi badan yang baik dan benar
·
Prosedur
1. Sikap
awal
2. Ketepatan
pegangan raket,
3. Memperagakan
service dan pukulan
4. Sikap
akhir atau gerakan lanjutan
5. Sikap tubuh
6. Memperagakan pola keterampilan gerak memegang
raket, servis dan pukulan
Metode Pembelajaran
·
Demonstrasi dan Eksperimen
·
Latihan teknik berpasangan/berkelompok
·
Penugasan
·
Diskusi
Alat/Media/Bahan
·
Alat : Raket, shutle kock, lapangan.
·
Bahan ajar : Buku pegangan Penjasorkes jilid 1,Video pembelajaran teknik/permainan bulutangkis,
dan lainnya.
Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran
·
Setelah mereview hasil pencapaian kompetensi (KD) sebelumnya, siswa
melakukan latihan teknik dasar
bulutangkis yaitu : teknik memegang raket,
servis forehand dan backhand, pukulan atas dan
bawah bulutangkis.
·
Selanjutnya melalui diskusi, mendefinisikan konsep teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas dan
bawah bulutangkis.
·
Memecahkan masalah teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas dan
bawah bulutangkis.
·
Melalui praktik siswa dapat menentukan variasi latihan teknik memegang raket,
servis forehand dan backhand, pukulan atas dan
bawah bulutangkis yang baik dan benar pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.
Bekerjasama, berkomunikasi dan bekerja dengan teliti, jujur dan penuh tanggungjawab.
Pertemuan pertama
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menyampaikan kompetensi (KD) yang
akan diajarkan.
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
·
Meminta
beberapa orang peserta didik mengemukakan pengalaman setelah melihat/melakukan
latihan teknik memegang raket,
servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock
lurus dari berbagai sumber.
·
Mengaitkan
apa dikemukakan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari.
·
Melakukan
pemanasan.
·
Guru
Membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa menyimak peragaan teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock
lurus yang dilakukan oleh
peserta didik lain.
·
Guru menilai
keterampilan siswa mengamati.
Menanya
·
Siwa mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan
mereka.
·
Siwa mengajukan pertanyaan mengenai teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock
lurus yang belum dipahami.
·
Guru memberi kesempatan bagi peserta didik
lain yang ingin menanggapi atau menjawab pertanyaan siswa.
Mencoba
·
Peserta
didik membentuk kelompok sama banyak.
Guru mengatur formasi barisan peserta didik.
·
Peserta
didik dalam kelompok diminta
melakukan
latihan memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock
lurus dengan baik dan benar.
·
Guru menilai keaktifan dan kerjasama kelompok peserta didik dalam melakukan latihan teknik bulutangkis.
Mengasosiasi
·
Disajikan peragaan teknik dari peserta didik
yang memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock
lurus dengan baik dan benar atau
menyajikan beberapa gambar dan video klip berisi latihan teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock
lurus.
·
Masing-masing kelompok berdiskusi mengurutkan tahapan teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock
lurus yang benar dari masing
masing teknik dasar bulutangkis dan memberikan alasan/argumen.
·
Guru menilai kemampuan
peserta didik mengolah informasi dalam mengurutkan tahapan
teknik bulutangkis.
Mengomunikasikan
·
Secara bergilir setiap kelompok diberi
kesempatan memperagakan latihan teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock
lurus yang benar.
·
Kelompok lain dapat memberi tanggapan
dan pertanyaan
·
Guru memberi penilaian
atas hasil kerja kelompok dan kemampuan
peserta didik berkomunikasi lisan.
|
105 menit
|
Penutup
·
Meminta
peserta didik menyimpulkan teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock lurus yang baik dan benar.
·
Evaluasi
·
Memberikan tugas pengamatan
variasi latihan teknik memegang raket,
servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock
lurus melalui media baca,
video atau internet.
·
Mengingatkan
materi pertemuan berikutnya tentang latihan variasi teknik
bulutangkis.
|
15 menit
|
Pertemuan
Kedua
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi
kembali pelajaran pertemuan sebelumnya.
·
Membahas
tugas pengamatan yang telah dikerjakan di rumah.
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
·
Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari
yaitu latihan teknik memegang raket,
servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock menyilang lapangan.
·
Membagi
peserta didik ke dalam kelompok.
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
dan Menanya
·
Dua orang siswa dari kelompok berbeda diminta
untuk memaparkan hasil tugas baca tentang latihan teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock menyilang lapangan melalui media baca ,
video atau internet.
Mencoba
·
Kelompok diminta untuk mencoba mempraktekkan latihan teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock menyilang lapangan.
·
Guru menilai kreatifitas dan kerjasama latihan teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock menyilang lapangan masing-masing kelompok.
Mengasosiasi
·
Setiap Kelompok mencoba latihan teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock menyilang lapangan.
·
Siswa mempraktekkan variasi latihan teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock menyilang lapangan melalui permainan bulutangkis
dengan aturan yang sederhana.
·
Guru menilai
kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan
mengolah dan menalar.
Mengomunikasikan
·
Perwakilan kelompok memaparkan hasil latihan teknik memegang raket,
servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah arah shutle kock menyilang lapangan.
·
Guru menilai
keterampilan menyaji dan berkomunikasi.
|
105 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan kegiatan bermain bulutangkis
dan teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas
dan bawah
yang baik dan benar.
·
Memberikan evaluasi.
|
15 menit
|
Penilaian
1. Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil.
Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja latihan teknik, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes praktek, presentasi dan fortofolio.
2. Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan
dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja fortofolio menggunakan lembar makalah dengan
fokus utama pada kedalaman materi dan
kelengkapan teknik latihan dasar serta variasi latihannya.
Instrumen tes menggunakan tes praktek dan tes lisan serta tes tertulis
3. Contoh Instrumen (Terlampir)
Mengetahui Kalabahi, ..........2018
Kepala Sekolah Guru Penjasorkes
.............................. ...........................
NIP.......................... NIP..........................
Catatan
Kepala Sekolah
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran Rubrik/Instrumen Penilaian Teknik Bulutangkis
A. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik
dasar teknik memegang raket, servis forehand dan backhand, pukulan atas dan bawah bulutangkis, unsur-unsur yang dinilai
adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses), kecepatan dan
ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
Penilaian
proses teknik dasar permainan bulutangkis (Penilaian keterampilan kecabangan)
No
|
Nama Siswa
|
Cara memegang raket
|
Servis forehand dan beckhand
|
Pukulan atas dan bawah
|
Jml
|
Nilai Proses
|
Nilai Produk
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dsb
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
Penilaian
produk/prestasi teknik dasar bulutangkis sebanyak 6 kali servis (3 kali forehand dan 3 kali beckhand) dan 6 kali pukulan (3
kali atas dan 3 kali bawah)
Skor maksimal 6 X
5 = 30.
Perolehan
Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
…… > 25
angka
|
…… > 20
angka
|
100%
|
Sangat Baik
|
18 – 24 angka
|
15 – 19 angka
|
90%
|
Baik
|
13 – 17 angka
|
12 – 16 angka
|
80%
|
Cukup
|
8 – 12 angka
|
7 – 11 angka
|
70%
|
Kurang
|
……. < 8 angka
|
……. < 7 angka
|
60%
|
Kurang Sekali
|
B. LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN
KINERJA FORTOFOLIO
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Program : X/UMUM
Kompetensi : KD 3.2
dan 4.2
Bubuhkan tanda √pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Peserta didik
|
Sikap
|
|||||||||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
Kreatif
|
||||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K : Kurang, C : Cukup, B
: Baik, SB :
Sangat baik
Indikator sikap aktif
1.
Kurang jika sama sekali tidak menunjukkan ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Cukup jika kadang-kadang menunjukkan ada
usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum
konsisten
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian secara optimal dalam pembelajaran secara terus menerus dan konsisten
Indikator sikap bekerjasama
1.
Kurang jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran
penjaskes.
2.
Cukup jika kadang-kadang menunjukkan ada
usaha bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes tetapi belum konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan adanya
usaha bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah dan kreatif.
1. Kurang jika sama
sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Cukup jika kadang-kadang bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masih belum konsisten.
4. Sangat
baik jika menunjukkan sudah ada usaha
untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif secara terus menerus dan konsisten.
Indikator sikap kreatif terhadap proses pembelajaran.
1. Kurang jika sama
sekali tidak memunculkan ide terhadap proses pemecahan masalah dalam
pembelajaran.
2. Cukup jika kadang-kadang memunculkan ide terhadap proses pemecahan
masalah dalam pembelajaran.
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
memunculkan ide terhadap proses pemecahan masalah dalam
pembelajaran
tetapi masih belum konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk memunculkan
ide terhadap proses pemecahan masalah dalam pembelajaran
secara terus menerus dan konsisten.
Comments
Post a Comment