Skip to main content

RPP Senam Lantai K13 - PJOK SMA/SMK - Kelas X 2018


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMA/SMK ......................
Kelas/Semester        : X/Satu
Mata Pelajaran         : PJOK
Materi Pokok           : Senam Lantai
Alokasi Waktu          : 2 x 3 JP

Kompetensi Inti
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3 :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
3.6 Menganalisis dua jenis rangkaian keterampilan senam lantai untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
1.6  Menganalisis dua jenis rangkaian keterampilan senam lantai untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.

Indikator
·         Berperilaku sportifitas dan fair play
·         Menunjukkan sikap kerjasama dan tanggung jawab
·         Menghargai orang lain dari berbagai perbedaan individu
·         Menjelaskan tahapan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·         Menemukan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·         Menganalisa kelebihan dan kelemahan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·         Melakukan Latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·         Melakukan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·         Memperagakan pola keterampilan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok) dengan koordinasi yang baik.

Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
·         Menjelaskan tahapan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·         Menemukan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·         Menganalisa kelebihan dan kelemahan variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).

Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan  siswa dapat:
·         Menemukan dan mendapatkan pengalaman gerak tahapan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·         Menemukan pengalaman gerak dari latihan variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·         Menganalisa kelebihan dan kelemahan variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).


Materi Pembelajaran
·         Fakta
1. Perlombaan senam lantai dengan alat baik langsung atau melalui media elektronik
2. Melihat Latihan teknik senam lantai dengan alat melalui media elektronik

·         Konsep
1.  Teknik lompat kangkang
2.  Teknik lompat jongkok
3.   Posisi badan

·         Prinsip
1.  Melakukan teknik lompat kangkang
2.  Melakukan teknik lompat jongkok
3.  Menempatkan posisi badan yang baik dan benar

·         Prosedur
1.  Sikap awal
2.  Ketepatan gerakan lompat
3.  Sikap akhir atau gerakan lanjutan
4.  Sikap tubuh

Metode Pembelajaran
·         Demonstrasi dan Eksperimen
·         Latihan teknik
·         Penugasan
·         Diskusi

Alat/Media/Bahan
·         Alat              : matras, peti lompat.
·     Bahan ajar     : Buku pegangan Penjasorkes jilid 1,Video pembelajaran teknik senam lantai, dan lainnya.

Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran
·         Setelah mereview hasil pencapaian kompetensi (KD) sebelumnya, siswa melakukan latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·         Selanjutnya melalui diskusi, mendefinisikan konsep teknik teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·         Memecahkan masalah teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·         Melalui praktik siswa dapat menentukan variasi latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok) yang baik dan benar  pada waktu melakukan latihan teknik tersebut. Bekerjasama, berkomunikasi dan bekerja dengan teliti, jujur dan penuh tanggungjawab.

Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Menyampaikan kompetensi (KD) yang akan diajarkan.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Meminta beberapa orang peserta didik mengemukakan pengalaman setelah melihat/melakukan latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang) dari berbagai sumber.
·      Mengaitkan apa dikemukakan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari.
·      Melakukan pemanasan.
·      Guru Membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·          Siswa menyimak peragaan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang) yang dilakukan oleh peserta didik lain.
·         Guru menilai keterampilan siswa mengamati.
Menanya
·           Siwa mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan mereka.
·           Siwa mengajukan pertanyaan mengenai teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang) yang belum dipahami.
·           Guru memberi kesempatan bagi peserta didik lain yang ingin menanggapi atau menjawab pertanyaan siswa.
Mencoba
·        Peserta didik dalam kelompok diminta melakukan latihan  gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang) dengan baik dan benar.
·        Guru menilai keaktifan  dan kerjasama kelompok peserta didik  dalam melakukan latihan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang).
Mengasosiasi
·           Disajikan peragaan teknik dari peserta didik yang teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang) dengan baik dan benar atau menyajikan beberapa gambar dan video klip berisi latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang).
·           Masing-masing kelompok berdiskusi mengurutkan tahapan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang) yang benar dan memberikan alasan/argumen.
·           Guru menilai kemampuan peserta didik mengolah informasi dalam mengurutkan tahapan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang).
Mengomunikasikan
·         Secara bergilir setiap kelompok diberi kesempatan memperagakan latihan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang) yang benar.
·         Kelompok lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan
·         Guru memberi penilaian atas hasil kerja kelompok dan  kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan.
105 menit
Penutup
·           Meminta peserta didik menyimpulkan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang) yang baik dan benar.
·           Evaluasi
·           Memberikan tugas pengamatan variasi latihan teknik  gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang) melalui media baca, video atau internet.
·           Mengingatkan materi pertemuan berikutnya tentang latihan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat jongkok).
15 menit

Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Merefleksi kembali pelajaran pertemuan sebelumnya.
·      Membahas tugas pengamatan yang telah dikerjakan di rumah.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari yaitu latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat jongkok).
·      Membagi peserta didik ke dalam kelompok.
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
·      Dua orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca tentang latihan teknik  gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat jongkok) melalui media baca , video atau internet.
 Mencoba
·     Kelompok diminta untuk mencoba  mempraktekkan latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat jongkok).
·     Guru menilai kreatifitas dan kerjasama latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat jongkok).
Mengasosiasi
·     Setiap Kelompok mencoba latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat jongkok).
·     Siswa mempraktekkan variasi latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat jongkok).
·     Guru menilai kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan mengolah dan menalar.
Mengomunikasikan
·     Perwakilan kelompok memaparkan hasil latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat jongkok).
·     Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi.
105 menit
Penutup
·     Bersama siswa menyimpulkan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat jongkok) yang baik dan benar.
·         Memberikan evaluasi.
15 menit
Penilaian
1.  Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja latihan teknik, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes praktek, presentasi dan fortofolio.
2.  Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja fortofolio  menggunakan lembar makalah dengan fokus utama pada kedalaman materi dan kelengkapan teknik latihan dasar serta variasi latihannya.
Instrumen tes menggunakan tes praktek dan tes lisan serta tes tertulis
3.  Contoh Instrumen (Terlampir)


Mengetahui                                                             Kalabahi,   ............ 2018
Kepala Sekolah                                                          Guru Penjasorkes

                                     

........................                                                          .............................
NIP......................                                                         NIP......................                


Catatan Kepala Sekolah
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Lampiran Rubrik/Instrumen Penilaian Senam Lantai

A. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses), kecepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
Penilaian proses gerakan senam lantai (Penilaian keterampilan kecabangan)
No
Nama Siswa
Awalan
Tolakan
Mendarat
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.




















2.




















3.




















4.




















5.




















dsb




















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12



                                          Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                  Jumlah skor maksimal

B.  LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA FORTOFOLIO
Mata Pelajaran    : Penjasorkes
Kelas/Program    : X/UMUM
Kompetensi        : KD 3.2 dan 4.2
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No

Nama Peserta didik
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran
Kreatif
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1

















2

















3

















4

















5

















...

















Keterangan:
K    : Kurang,      C        : Cukup,       B        : Baik,                   SB      : Sangat baik



Indikator sikap aktif
1.  Kurang jika sama sekali tidak  menunjukkan ambil bagian dalam pembelajaran
2.  Cukup jika kadang-kadang menunjukkan ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
3.  Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
4.  Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian secara optimal dalam pembelajaran secara terus menerus dan konsisten

Indikator sikap bekerjasama
1.  Kurang jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes.
2.  Cukup jika kadang-kadang menunjukkan ada usaha bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes tetapi belum konsisten
3.  Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.  Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah dan kreatif.
1.  Kurang  jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah  yang berbeda dan kreatif.
2.  Cukup  jika kadang-kadang  bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah  yang berbeda dan kreatif.
3.  Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum konsisten.
4.  Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan konsisten.

Indikator sikap kreatif terhadap proses pembelajaran.
1.  Kurang  jika sama sekali tidak memunculkan ide terhadap proses pemecahan masalah dalam pembelajaran.
2.  Cukup  jika kadang-kadang  memunculkan ide terhadap proses pemecahan masalah dalam pembelajaran.
3.  Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk memunculkan ide terhadap proses pemecahan masalah dalam pembelajaran tetapi masih belum konsisten.
4.  Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk memunculkan ide terhadap proses pemecahan masalah dalam pembelajaran secara terus menerus dan konsisten.


Comments

Popular posts from this blog

RPP Senam Ritmik -PJOK - SMA/SMK Kelas X Tahun 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                         :   SMA/SMK ........................ Kelas /Semester             :   X / Satu Mata Pelajaran                :   PJOK             Materi Pokok                  :   Aktivitas Ritmik/Langkah Waktu                            :   1 x   3 JP A.      Kompetensi Inti :   1.     Menghargai dan men ghayati ajaran agama yang dianut. 2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,   seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (m

Pendidikan Luar Kelas

  Pendidikan Luar Kelas (Outdoor education) Pendidikan luar kelas merupakan salah satu dimensi dalam pendidikan jasmani, di mana melalui program kegiatan ini diharapkan konsep diri siswa dapat dibentuk. Pengalaman semacam memanjat, merangkak, bergelantungan, dan berayun di alam bebas, yang merupakan bagian dari progam petualangan akan mampu meningkatkan rasa percaya diri siswa. Pengalaman semacam ini dapat memenuhi kebutuhan psikis anak akan ‘rasa berhasil mengatasi rintangan’. Kejenuhan pengembangan di dalam ruang turut memberikan dorongan berkembangnya konsep pendidikan di luar kelas. Pendidikan dalam ruang yang bersifat kaku dan formalitas dapat menimbulkan kebosanan, termasuk juga kejenuhan terhadap rutinitas di sekolah. Outdoor education dijadikan sebagai alternative baru dalam meningkatkan pengetahuan dalam pencapaian kualitas manusia. Alam sebagai media pendidikan adalah suatu sarana efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan pola pikir serta sikap men