RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA/SMK ......................
Kelas/Semester : X/Satu
Mata
Pelajaran : PJOK
Materi
Pokok : Senam Lantai
Alokasi
Waktu : 2 x 3 JP
Kompetensi Inti
KI
1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.6 Menganalisis dua jenis rangkaian
keterampilan senam lantai untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
1.6 Menganalisis dua jenis rangkaian keterampilan senam lantai
untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
Indikator
·
Berperilaku sportifitas dan fair play
·
Menunjukkan sikap kerjasama dan tanggung jawab
·
Menghargai orang lain dari berbagai perbedaan individu
·
Menjelaskan tahapan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang dan lompat jongkok).
·
Menemukan Variasi dan
kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat
jongkok).
·
Menganalisa kelebihan dan
kelemahan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang dan lompat jongkok).
·
Melakukan Latihan teknik gerakan senam lantai
menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·
Melakukan Variasi dan
kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat
jongkok).
·
Memperagakan pola
keterampilan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang dan lompat jongkok) dengan
koordinasi yang baik.
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi
siswa dapat:
·
Menjelaskan tahapan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang dan lompat jongkok).
·
Menemukan Variasi dan
kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat
jongkok).
·
Menganalisa kelebihan dan
kelemahan variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang dan lompat jongkok).
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan siswa dapat:
·
Menemukan dan mendapatkan
pengalaman gerak tahapan teknik gerakan senam lantai
menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·
Menemukan pengalaman gerak
dari latihan variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang dan lompat jongkok).
·
Menganalisa kelebihan dan
kelemahan variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang dan lompat jongkok).
Materi Pembelajaran
·
Fakta
1. Perlombaan senam lantai dengan
alat baik
langsung atau melalui media elektronik
2. Melihat Latihan
teknik senam lantai dengan alat melalui media elektronik
·
Konsep
1. Teknik lompat kangkang
2. Teknik
lompat jongkok
3. Posisi
badan
·
Prinsip
1. Melakukan teknik lompat
kangkang
2. Melakukan teknik lompat
jongkok
3. Menempatkan posisi badan yang baik dan benar
·
Prosedur
1. Sikap
awal
2. Ketepatan
gerakan lompat
3. Sikap
akhir atau gerakan lanjutan
4. Sikap tubuh
Metode Pembelajaran
·
Demonstrasi dan Eksperimen
·
Latihan teknik
·
Penugasan
·
Diskusi
Alat/Media/Bahan
·
Alat : matras, peti lompat.
·
Bahan ajar : Buku pegangan Penjasorkes jilid 1,Video
pembelajaran teknik senam lantai, dan lainnya.
Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran
·
Setelah mereview hasil pencapaian kompetensi (KD) sebelumnya, siswa
melakukan latihan teknik gerakan senam lantai
menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok).
·
Selanjutnya melalui diskusi, mendefinisikan konsep teknik teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang dan lompat jongkok).
·
Memecahkan masalah teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang dan lompat jongkok).
·
Melalui praktik siswa dapat menentukan variasi latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang
dan lompat jongkok) yang baik dan benar pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.
Bekerjasama, berkomunikasi dan bekerja dengan teliti, jujur dan penuh tanggungjawab.
Pertemuan pertama
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menyampaikan kompetensi (KD) yang
akan diajarkan.
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
·
Meminta
beberapa orang peserta didik mengemukakan pengalaman setelah melihat/melakukan
latihan teknik
gerakan senam lantai
menggunakan alat (lompat kangkang) dari berbagai sumber.
·
Mengaitkan
apa dikemukakan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari.
·
Melakukan
pemanasan.
·
Guru
Membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa menyimak peragaan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang) yang dilakukan oleh
peserta didik lain.
·
Guru menilai
keterampilan siswa mengamati.
Menanya
·
Siwa mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan
mereka.
·
Siwa mengajukan pertanyaan mengenai teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang) yang belum dipahami.
·
Guru memberi kesempatan bagi peserta didik
lain yang ingin menanggapi atau menjawab pertanyaan siswa.
Mencoba
·
Peserta
didik dalam kelompok diminta
melakukan
latihan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang) dengan baik dan benar.
·
Guru menilai keaktifan dan kerjasama kelompok peserta didik dalam melakukan latihan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang).
Mengasosiasi
·
Disajikan peragaan teknik dari peserta didik
yang teknik gerakan senam lantai
menggunakan alat (lompat kangkang)
dengan
baik dan benar atau menyajikan beberapa gambar dan video klip berisi latihan
teknik gerakan senam lantai
menggunakan alat (lompat kangkang).
·
Masing-masing kelompok berdiskusi mengurutkan tahapan teknik
gerakan senam lantai
menggunakan alat (lompat kangkang) yang benar dan
memberikan alasan/argumen.
·
Guru menilai kemampuan
peserta didik mengolah informasi dalam mengurutkan tahapan
teknik gerakan senam lantai
menggunakan alat (lompat kangkang).
Mengomunikasikan
·
Secara bergilir setiap kelompok diberi
kesempatan memperagakan latihan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang) yang benar.
·
Kelompok lain dapat memberi tanggapan
dan pertanyaan
·
Guru memberi penilaian
atas hasil kerja kelompok dan kemampuan
peserta didik berkomunikasi lisan.
|
105 menit
|
Penutup
·
Meminta
peserta didik menyimpulkan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang) yang baik dan benar.
·
Evaluasi
·
Memberikan tugas pengamatan
variasi latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
kangkang)
melalui
media baca, video atau internet.
·
Mengingatkan
materi pertemuan berikutnya tentang latihan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
jongkok).
|
15 menit
|
Pertemuan
Kedua
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi
kembali pelajaran pertemuan sebelumnya.
·
Membahas
tugas pengamatan yang telah dikerjakan di rumah.
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
·
Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari
yaitu latihan teknik gerakan senam lantai
menggunakan alat (lompat jongkok).
·
Membagi
peserta didik ke dalam kelompok.
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
dan Menanya
·
Dua orang siswa dari kelompok berbeda diminta
untuk memaparkan hasil tugas baca tentang latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat jongkok) melalui media baca ,
video atau internet.
Mencoba
·
Kelompok diminta untuk mencoba mempraktekkan latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
jongkok).
·
Guru menilai kreatifitas dan kerjasama latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat jongkok).
Mengasosiasi
·
Setiap Kelompok mencoba latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
jongkok).
·
Siswa mempraktekkan variasi latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
jongkok).
·
Guru menilai
kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan
mengolah dan menalar.
Mengomunikasikan
·
Perwakilan kelompok memaparkan hasil latihan teknik gerakan senam lantai
menggunakan alat (lompat jongkok).
·
Guru menilai
keterampilan menyaji dan berkomunikasi.
|
105 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat
jongkok) yang baik dan benar.
·
Memberikan evaluasi.
|
15 menit
|
Penilaian
1. Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil.
Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja latihan teknik, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes praktek, presentasi dan fortofolio.
2. Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan
dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja fortofolio menggunakan lembar makalah dengan
fokus utama pada kedalaman materi dan
kelengkapan teknik latihan dasar serta variasi latihannya.
Instrumen tes menggunakan tes praktek dan tes lisan serta tes tertulis
3. Contoh Instrumen (Terlampir)
Mengetahui Kalabahi, ............ 2018
Kepala Sekolah Guru
Penjasorkes
........................ .............................
NIP...................... NIP......................
Catatan
Kepala Sekolah
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran
Rubrik/Instrumen Penilaian Senam Lantai
A. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan gerakan senam lantai menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat
jongkok),
unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian
proses), kecepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
Penilaian
proses gerakan senam lantai (Penilaian keterampilan
kecabangan)
No
|
Nama Siswa
|
Awalan
|
Tolakan
|
Mendarat
|
Jml
|
Nilai Proses
|
Nilai Produk
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
||||||
1.
|
||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||
dsb
|
||||||||||||||||||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
B. LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN
KINERJA FORTOFOLIO
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Program : X/UMUM
Kompetensi : KD 3.2
dan 4.2
Bubuhkan tanda √pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Peserta didik
|
Sikap
|
|||||||||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
Kreatif
|
||||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||||
...
|
Keterangan:
K : Kurang, C : Cukup, B
: Baik, SB :
Sangat baik
Indikator sikap aktif
1.
Kurang jika sama sekali tidak menunjukkan ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Cukup jika kadang-kadang menunjukkan ada
usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum
konsisten
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian secara optimal dalam pembelajaran secara terus menerus dan konsisten
Indikator sikap bekerjasama
1.
Kurang jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran
penjaskes.
2.
Cukup jika kadang-kadang menunjukkan ada
usaha bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes tetapi belum konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan adanya
usaha bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah dan kreatif.
1. Kurang jika sama
sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Cukup jika kadang-kadang bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masih belum konsisten.
4. Sangat
baik jika menunjukkan sudah ada usaha
untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif secara terus menerus dan konsisten.
Indikator sikap kreatif terhadap proses pembelajaran.
1. Kurang jika sama
sekali tidak memunculkan ide terhadap proses pemecahan masalah dalam
pembelajaran.
2. Cukup jika kadang-kadang memunculkan ide terhadap proses pemecahan
masalah dalam pembelajaran.
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
memunculkan ide terhadap proses pemecahan masalah dalam
pembelajaran
tetapi masih belum konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk memunculkan
ide terhadap proses pemecahan masalah dalam pembelajaran
secara terus menerus dan konsisten.
Comments
Post a Comment