Skip to main content

RPP Atletik SMK Kelas X K13 Tahun 2018


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                        : SMA .......
Mata Pelajaran              :PJOK
Kelas/Semester             : X
Materi Pokok                 Atletik (Lompat Jauh Gaya Berjalan Diudara dan Lompat tinggi gaya straddle)
Alokasi Waktu               : 2x 3 JP

A.       Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasardan Idikator

KI
Kompetensi Dasar
Indikator
 1.             
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
1.1.1 Memelihara kesehatan tubuh

2.1.1 Menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup aktif.

 2.             
2.1  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.6   Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.2.1 Merapihkan kembali peralatanyang telah digunakan padatempatnya.



2.2.6 Menunjukkan perulaku disiplin selama pembelajaran atletik.


 1.             
3.3  Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
3.3.1     Menganalisis variasiketerampilan lompat jauhgaya jalan di udara.
3.3.2     Menganalisis kombinasiketerampilan lompat jauhgaya jalan di udara.
3.3.3     Menganalisa variasiketerampilan lompat tinggigaya straddle.
3.3.4     Menganalisa kombinasiketerampilan lompat tinggigaya straddle.
 2.             
4.3   Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (lompat jauh gaya berjalan diudara) dengan koordinasi gerak yang baik.

4.3.1      Mempraktikkan variasiketerampilan lompat jauhgaya jalan di udara.
4.3.2      Mempraktikkan keterampilanlompat jauh gaya jalan diudara.
4.3.3      Mempraktikan variasiketerampilan lompat tinggigaya straddle.
4.3.4      Mempraktikan kombinasiketerampilan lompat tinggigaya straddle.

Tujuan Pembelajaran  
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu:
1.         Memelihara kesehatan tubuh.
2.         Menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup aktif.
3.         Merapihkan kembali peralatan yang telah digunakan pada tempatnya.
4.         Menunjukkan perulaku disiplin selama pembelajaran atletik.
5.         Menganalisis variasi keterampilan lompat jauh gaya jalan di udara.
6.         Menganalisis kombinasi keterampilan lompat jauh gaya jalan di udara.
7.         Menganalisa variasi keterampilan lompat tinggi gaya straddle.
8.         Menganalisa kombinasi keterampilan lompat tinggi gaya straddle.
9.         Mempraktikkan variasi keterampilan lompat jauh gaya jalan di udara.
10.      Mempraktikkan keterampilan lompat jauh gaya jalan di udara.

Materi Pembelajaran
·         Fakta
1.       Perlombaan Lompat Jauh Gaya Berjalan di udara
2.       Perlombaan Lompat Tinggi Gaya Straddle
3.       Melihat Latihan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara dan  lompat tinggi  gaya straddleatau melalui media elektronik
·         Konsep
1.       Lompat Jauh Gaya Berjalan di udara
2.       Lompat Tinggi  Gaya Straddle



·         Prinsip
1.    Melakukan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara
2.    Melakukan teknik lompat tinggi gaya straddle
·         Prosedur
1.       Sikap awal/Ancang-ancang
2.       Tolakan
3.       Sikap posisi di udara
4.       Sikap mendarat
5.       Memperagakan keterampilan lompat jauh gaya bejalan di udara dan tinggi gaya stradle

Metode Pembelajaran
              1.          Inclusive (cakupan).
              2.          Demonstrasi.
              3.          Part and whole (bagian dan keseluruhan).
              4.          Resiprocal (timbal-balik).
              5.          Pendekatan Pembelajaran Contekstual.
              6.          Pendekatan Scientific.)

Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

              1.     Media
a.       Gambar : Gerakkan atletik
b.       Model : Peragaan oleh guru atau peserta didik yang sudah memiliki kemampuam atletik lompat jauh gaya jalan di udara dan lompat tinggi gaya straddle.

              2.Alat dan bahan
Alat yang dapat digunakan pada lompat jauh gaya jalan di udara dan lompat tinggi gaya straddle, sebagai berikut:
a.    Ruang terbuka yang datar dan aman/lapangan basket/voli
b.    Matras
c.    Cone/corong ± 10 buah
d.    Stopwatch
e.    Peluit

             3.       Sumber Pembelajaran
Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional. 2010.Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA/MA/SMK Kelas X, Cetakan Ke-1. 2010. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional. (hal. 153)

C.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 

·         Setelah mereview hasil pencapaian kompetensi (KD) sebelumnya, siswa melakukan latihan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara dan teknik lompat tinggi gaya stradle.
·         Selanjutnya melalui diskusi, mendefinisikan konsep teknik teknik lompat jauh gaya berjalan di udara dan teknik lompat tinggi gaya stradle.
·         Memecahkan masalah teknik lompat jauh gaya berjalan di udara dan teknik lompat tinggi gaya stradle.
·         Melalui praktik siswa dapat menentukan variasi latihan teknik lompat jauh gaya berjalan di udaradan teknik lompat tinggi gaya stradleyang baik dan benar. Padawaktu melakukan latihan teknik tersebut. Bekerjasama, berkomunikasidanbekerjadenganteliti,jujurdanpenuhtanggungjawab.

Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Menyampaikan kompetensi (KD) yang akan diajarkan.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Meminta beberapa orang peserta didik mengemukakan pengalaman setelah melihat/melakukan latihan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara dari berbagai sumber.
·      Mengaitkan apa dikemukakan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari.
·      Melakukan pemanasan.
·      Guru Membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·          Siswa menyimak peragaan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara yang dilakukan oleh peserta didik lain.
·         Guru menilai keterampilan siswa mengamati.
Menanya
·           Siwa mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan mereka.
·           Siwa mengajukan pertanyaan mengenai teknik lompat jauh gaya berjalan di udara yang belum dipahami.
·           Guru memberi kesempatan bagi peserta didik lain yang ingin menanggapi atau menjawab pertanyaan siswa.
Mencoba
·           Peserta didik membentuk  kelompok putra dan putri. Guru mengatur formasi barisan peserta didik.
·        Peserta didik dalam kelompok diminta melakukan latihan  tekniklompat jauh gaya berjalan di udaradengan baik dan benar.
·        Guru menilai keaktifan  dan kerjasama kelompok peserta didik  dalam melakukan latihan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara.
Mengasosiasi
·           Disajikan peragaan teknik dari peserta didik yang melakukan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara dengan baik dan benar atau menyajikan beberapa gambar dan video klip berisi latihan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara.
·           Masing-masing kelompok berdiskusi mengurutkan tahapan teknik lompat jauh gaya berjalan di udarayang benar dari masing masing teknik lompat jauh gaya berjalan di udara dan memberikan alasan/argumen.
·           Guru menilai kemampuan peserta didik mengolah informasi dalam mengurutkan tahapan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara.
Mengomunikasikan
·         Secara bergilir setiap kelompok diberi kesempatan memperagakan latihan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara yang benar.
·         Kelompok lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan
·         Guru memberi penilaian atas hasil kerja kelompok dan  kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan.
105 menit
Penutup
·           Meminta peserta didik menyimpulkan teknik lompat jauh gaya berjalan di udarayang baik dan benar.
·           Evaluasi
·           Memberikan tugaspengamatan variasi latihan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara melalui media baca, video atau internet.
·           Mengingatkan materi pertemuan berikutnya tentang latihan variasi teknik lompat jauh gaya berjalan di udara.
15 menit

Pertemuan kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Menyampaikan kompetensi (KD) yang akan diajarkan.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Meminta beberapa orang peserta didik mengemukakan pengalaman setelah melihat/melakukan latihan teknik lompat tinggi gaya stradle dari berbagai sumber.
·      Mengaitkan apa dikemukakan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari.
·      Melakukan pemanasan.
·      Guru Membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·          Siswa menyimak peragaan teknik lompat tinggi gaya stradle yang dilakukan oleh peserta didik lain.
·         Guru menilai keterampilan siswa mengamati.
Menanya
·           Siwa mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan mereka.
·           Siwa mengajukan pertanyaan mengenai teknik lompat tinggi gaya stradle yang belum dipahami.
·           Guru memberi kesempatan bagi peserta didik lain yang ingin menanggapi atau menjawab pertanyaan siswa.
Mencoba
·           Peserta didik membentuk  kelompok putra dan putri. Guru mengatur formasi barisan peserta didik.
·        Peserta didik dalam kelompok diminta melakukan latihan  teknik lompat tinggi gaya stradle dengan baik dan benar.
·        Guru menilai keaktifan  dan kerjasama kelompok peserta didik  dalam melakukan latihan teknik lompat tinggi gaya stradle.
Mengasosiasi
·           Disajikan peragaan teknik dari peserta didik yang melakukan teknik lompat tinggi gaya stradle dengan baik dan benar atau menyajikan beberapa gambar dan video klip berisi latihan teknik lompat tinggi gaya stradle.
·           Masing-masing kelompok berdiskusi mengurutkan tahapan teknik teknik lompat tinggi gaya stradle yang benar dari masing masing teknik lompat tinggi gaya stradle dan memberikan alasan/argumen.
·           Guru menilai kemampuan peserta didik mengolah informasi dalam mengurutkan teknik lompat tinggi gaya stradle.
Mengomunikasikan
·         Secara bergilir setiap kelompok diberi kesempatan memperagakan latihan teknik lompat tinggi gaya stradle yang benar.
·         Kelompok lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan
·         Guru memberi penilaian atas hasil kerja kelompok dan  kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan.
105 menit
Penutup
·           Meminta peserta didik menyimpulkan teknik lompat tinggi gaya stradle yang baik dan benar.
·           Evaluasi
·           Memberikan tugaspengamatan variasi latihan teknik lompat tinggi gaya stradle melalui media baca, video atau internet.
·           Mengingatkan materi pertemuan berikutnya tentang latihan variasi teknik lompat tinggi gaya stradle.
15 menit

Penilaian
1.    Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja latihan teknik, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes praktek, presentasi dan fortofolio.
2.    Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja fortofolio  menggunakan lembar makalah dengan fokus utama pada kedalaman materi dan kelengkapan teknik latihan dasar serta variasi latihannya.
Instrumen tes menggunakan tes praktek dan tes lisan serta tes tertulis
Contoh Instrumen (Terlampir)
Mengetahui                                                                Kalabahi,      2018
Kepala SMK N 1 Kalabahi                                              Guru Penjasorkes

                                      

..................................                                       .............................
NIP.                                                                                             NIP.


Catatan Kepala Sekolah
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Lampiran Rubrik/Instrumen Penilaian Teknik Bulutangkis

A.   Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar teknik lompat jauh gaya berjalan di udara dan teknik lompat tinggi gaya stradle, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses), kecepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
Penilaian proses teknik lompat jauh gaya berjalan di udara dan teknik lompat tinggi gaya stradle (Penilaian keterampilan kecabangan)
No
Nama Siswa
Awalan/Ancang-ancang
Tolakan
Saat di udara
Mendarat
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.

























2.

























3.

























4.

























5.

























dsb






























JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 15




Keterangan:
Skor 4 =Bila posisi gerakan sangat baik
Skor 3 = Bila posisi gerakan baik
Skor 2 = Bila posisi gerakan cukup
Skor 1 = Bila posisi gerakan sangat kurang      

Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal


B. LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA FORTOFOLIO
Mata Pelajaran        : Penjasorkes
Kelas/Program         : X/UMUM
Kompetensi             : KD 3.2 dan 4.2
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No

Nama Peserta didik
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran
Kreatif
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1

















2

















3

















4

















5

















...

















Keterangan:
K     : Kurang,           C          : Cukup,            B          : Baik,               SB        : Sangat baik

Indikator sikap aktif
1.    Kurang jika sama sekali tidak  menunjukkan ambil bagian dalam pembelajaran
2.    Cukup jika kadang-kadang menunjukkan ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
3.    Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
4.    Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian secara optimal dalam pembelajaran secara terus menerus dan konsisten

Indikator sikap bekerjasama
1.    Kurang jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes.
2.    Cukup jika kadang-kadang menunjukkan ada usaha bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes tetapi belum konsisten
3.    Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.    Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah dan kreatif.
1.    Kurang  jikasama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah  yang berbeda dan kreatif.
2.    Cukup  jikakadang-kadang  bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah  yang berbeda dan kreatif.
3.    Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum konsisten.
4.    Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan konsisten.

Indikator sikap kreatif terhadap proses pembelajaran.
1.    Kurang  jikasama sekali tidak memunculkan ide terhadap proses pemecahan masalah dalam pembelajaran.
2.    Cukup  jikakadang-kadang  memunculkan ide terhadap proses pemecahan masalah dalam pembelajaran.
3.    Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk memunculkan ide terhadap proses pemecahan masalah dalam pembelajaran tetapi masih belum konsisten.
4.    Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk memunculkan ide terhadap proses pemecahan masalah dalam pembelajaran secara terus menerus dan konsisten.

Comments

Popular posts from this blog

RPP Senam Lantai K13 - PJOK SMA/SMK - Kelas X 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah                    : SMA/SMK ...................... Kelas/Semester         : X/ S a tu Mata Pelajaran          : PJOK Materi Pokok            : Senam Lantai Alokasi Waktu           : 2 x 3 JP Kompetensi Inti KI 1   : Menghayati dan mengamalkan   ajaran agama yang dianutnya. KI 2   : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,   gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.   KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,   kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetah

RPP Senam Ritmik -PJOK - SMA/SMK Kelas X Tahun 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                         :   SMA/SMK ........................ Kelas /Semester             :   X / Satu Mata Pelajaran                :   PJOK             Materi Pokok                  :   Aktivitas Ritmik/Langkah Waktu                            :   1 x   3 JP A.      Kompetensi Inti :   1.     Menghargai dan men ghayati ajaran agama yang dianut. 2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,   seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (m

Pendidikan Luar Kelas

  Pendidikan Luar Kelas (Outdoor education) Pendidikan luar kelas merupakan salah satu dimensi dalam pendidikan jasmani, di mana melalui program kegiatan ini diharapkan konsep diri siswa dapat dibentuk. Pengalaman semacam memanjat, merangkak, bergelantungan, dan berayun di alam bebas, yang merupakan bagian dari progam petualangan akan mampu meningkatkan rasa percaya diri siswa. Pengalaman semacam ini dapat memenuhi kebutuhan psikis anak akan ‘rasa berhasil mengatasi rintangan’. Kejenuhan pengembangan di dalam ruang turut memberikan dorongan berkembangnya konsep pendidikan di luar kelas. Pendidikan dalam ruang yang bersifat kaku dan formalitas dapat menimbulkan kebosanan, termasuk juga kejenuhan terhadap rutinitas di sekolah. Outdoor education dijadikan sebagai alternative baru dalam meningkatkan pengetahuan dalam pencapaian kualitas manusia. Alam sebagai media pendidikan adalah suatu sarana efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan pola pikir serta sikap men